Dian P. Rahmat - Strategi Propaganda Amerika Serikat Melalui Media VOA (Voice of America) di Indonesia

(Studi pada Pemberitaan VOA Indonesia mengenai isu Islam Masa Pemerintahan Barack Obama)

Penulis: Dian P. Rahmat
Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Malang

Ringkasan:

Kepentingan jangka panjang Amerika Serikat tercapai lewat komunikasi dengan rakyat seluruh dunia melalui media komunikasi. Supaya efektif, VOA berusaha membangun reputasi yang baik dan mendapat perhatian pendengarnya. Voice of America adalah siaran radio dan televisi milik pemerintah Amerika Serikat, yang menyiarkan beragam program dalam 53 bahasa, sejak tahun 1942. Berpusat di Washington DC, VOA memiliki ratusan koresponden dan jaringan stringer yang tersebar di seluruh dunia. Media VOA pun dapat kita temukan dan dengarkan di berbagai acara dan stasiun televisi Indonesia, karena luasnya pemberitaan media VOA sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Pemberitaan VOA juga dapat dilihat melalui internet dan melalui internet menjadi lebih efektif,, karena pengguna internet semakin banyak dan dapat diakses kapan saja. VOA merupakan naungan badan penerangan Amerika Serikat, USIA. Dengan media VOA, AS melancarkan strategi propagandanya di Indonesia melalui jaringan afiliasi yang dibangun khususnya berita mengenai isu Islam masa pemerintahan Barack Obama. Strategi propaganda AS melalui media VOA betujuan untuk membangun opini publik masyarakat Indonesia.

Referensi:

Nelson, Richard Alan & Robert L. Heath, 1989. Issues management: corporate public policy making in an information society. Sage.
Rudy, May .T. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung. PT Refika Aditama.
Snow, Nancy. 2003. Propaganda,Inc. Menjual Budaya Amerika ke Dunia. Jakarta. Penerbit Opini.
Sparrow, Bartholomew H. 1999. The News Media as A Political Institution Uncertain Guardian. Baltimore and London : The Johns Hopkins University Press.
Gergez, Fawaz A. 1999. America and Political Islam: Clash of Civilization or Clash of Interest?. Cambridge University Press, New York .
Jack C.Plano dan Roy Olton, 1982. The International Dictionary. ABC-CLIA, California.
Malik, dedy djamaluddin,dkk. 1993. Komunikasi Internasional. Bandung . PT Remaja Rosdakarya.
Mas’oed, Mohtar.1990. Ilmu Hubungan Internasional Disiplin dan Metodologi. Jakarta. LP3ES.
Mas’oed, Mohtar. Studi Hubungan Internasional. Tingkat Analisis dan Teorisasi. Yogyakarta.
Subyantoro, Arief & Suwarto, FX. 2006. Metode & Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Susilo, Taufik Adi. 2009. Mengenal Amerika Serikat. Jakarta.Ar-ruzz Media.
Baskara, Nando. 2008. NAMRU. Misi Kesehatan atau Jaringan Intelijen Amerika. Yogyakarta. Penerbit Narasi.
Chomsky, Noam. 2008. Neo Imperialisme Amerika Serikat. Yogyakarta. Resist
Book.
Cull, Nicholas J, et.al. 2003. Propaganda and mass persuasion:a historical encyclopedia 1500 to the present. California. ABC-CLIO, Inc.

No comments:

Post a Comment

Skripsi Hubungan Internasional - Headline Animator