(Studi
pada Pemberitaan VOA Indonesia mengenai isu Islam Masa Pemerintahan Barack
Obama)
Penulis:
Dian P. Rahmat
Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik
Universitas
Muhammadiyah Malang
Ringkasan:
Kepentingan
jangka panjang Amerika Serikat tercapai lewat komunikasi dengan rakyat seluruh
dunia melalui media komunikasi. Supaya efektif, VOA berusaha membangun reputasi
yang baik dan mendapat perhatian pendengarnya. Voice of America adalah
siaran radio dan televisi milik pemerintah Amerika Serikat, yang menyiarkan
beragam program dalam 53 bahasa, sejak tahun 1942. Berpusat di Washington DC,
VOA memiliki ratusan koresponden dan jaringan stringer yang tersebar di seluruh
dunia. Media VOA pun dapat kita temukan dan dengarkan di berbagai acara dan
stasiun televisi Indonesia,
karena luasnya pemberitaan media VOA sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Pemberitaan VOA juga dapat dilihat melalui internet dan melalui internet
menjadi lebih efektif,, karena pengguna internet semakin banyak dan dapat
diakses kapan saja. VOA merupakan naungan badan penerangan Amerika Serikat,
USIA. Dengan media VOA, AS melancarkan strategi propagandanya di Indonesia
melalui jaringan afiliasi yang dibangun khususnya berita mengenai isu Islam
masa pemerintahan Barack Obama. Strategi propaganda AS melalui media VOA
betujuan untuk membangun opini publik masyarakat Indonesia.
Referensi:
Nelson, Richard Alan &
Robert L. Heath, 1989. Issues management: corporate public policy making in
an information society. Sage.
Rudy, May .T. 2005. Komunikasi
dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung. PT Refika Aditama.
Snow, Nancy. 2003. Propaganda,Inc.
Menjual Budaya Amerika ke Dunia. Jakarta.
Penerbit Opini.
Sparrow, Bartholomew H.
1999. The News Media as A Political Institution Uncertain Guardian. Baltimore and London : The Johns Hopkins
University Press.
Gergez, Fawaz A. 1999. America
and Political Islam: Clash of Civilization or Clash of Interest?. Cambridge University
Press, New York
.
Jack C.Plano dan Roy Olton,
1982. The International Dictionary. ABC-CLIA, California.
Malik, dedy djamaluddin,dkk.
1993. Komunikasi Internasional. Bandung
. PT Remaja Rosdakarya.
Mas’oed, Mohtar.1990. Ilmu
Hubungan Internasional Disiplin dan Metodologi. Jakarta. LP3ES.
Mas’oed, Mohtar. Studi
Hubungan Internasional. Tingkat Analisis dan Teorisasi. Yogyakarta.
Subyantoro, Arief &
Suwarto, FX. 2006. Metode & Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Susilo, Taufik Adi. 2009. Mengenal
Amerika Serikat. Jakarta.Ar-ruzz Media.
Baskara, Nando. 2008. NAMRU.
Misi Kesehatan atau Jaringan Intelijen Amerika. Yogyakarta.
Penerbit Narasi.
Chomsky, Noam. 2008. Neo
Imperialisme Amerika Serikat. Yogyakarta.
Resist
Book.
Cull, Nicholas J, et.al.
2003. Propaganda and mass persuasion:a historical encyclopedia 1500 to the
present. California.
ABC-CLIO, Inc.
No comments:
Post a Comment